Strategi pemasaran (marketing strategy)
adalah suatu cara yang digunakan untuk membantu kita membuat dan menjual barang
dan jasa yang sesuai dengan kondisi perusahaan dan pasar target atau selera
konsumen yang dituju. Banyak sekali strategi yang diperkenalkan dalam
teori-teori pemasaran, namun secara umum strategi pemasaran yang biasa
dilakukan dan dapat dipilih adalah:
1.
Menembus Pasar
Strategi menembus pasar untuk menjangkau
sasaran pembeli yang belum tercapai. Upaya-upaya praktis yang dapat dilakukan
antara lain:
2.
Mengembangkan Pasar
Strategi ini dilakukan apabila sasaran
pembeli yang lama sudah jenuh atau sudah habis sehingga perlu mencari sasaran
pembeli baru dengan tetap menawarkan barang atau jasa yang lama.
3.
Mengembangkan Produk
Strategi pengembangan produk mencakup
perubahan barang atau jasa dengan tetap menggunakan cara produksi yang lama.
4.
Melakukan Diversifikasi
Strategi diversifikasi dilakukan dengan
cara mengembangkan produk baru yang masih berkaitan dengan produk lama.
5.
Menerapkan Biaya Murah
Strategi biaya murah didasarkan pada biaya
input yang rendah.
6.
Memfokuskan pada pasar
Strategi fokus pada pasar dilakukan dengan
memberikan pelayanan khusus kepada pembeli yang dapat membedakan dengan
pelayanan yang diberikan para pesaing
7.
Melakukan Diferensiasi
Strategi diferensiasi berkosentrasi pada
penciptaan barang dan jasa baru yang sangat berbeda.
Menentukan Alat Pemasaran
Alat pemasaran yang dimaksud adalah bauran
pemasaran ditambah distribusi, pelayanan dan kekuasaan.
1.
Hal yang diperlukan dalam menghasilkan
produk
a. Paduan produk yaitu jenis-jenis barang atau jasa yang
harus ada dalam satu produk yang dijual. Kita mengenal beberapa strategi paduan
produk sebagai berikut:
·
Aneka pasar: menjual berbagai produk dengan
berbagai pembeli.
·
Pasar khusus: melayani hanya pasar
tertentu saja
·
Produk Khusus: menjual hanya produk
tertentu yang sejenis saja
b. Penampilan Produk tidak hanya meliputi kondisi fisik,
melainkan simbolnya.
c. Pendukung produk berupa pemberian kesan yang mendalam
terhadap produk yang dijual
2.
Hal yang diperlukan dalam menyampaikan
barang sampai ke pembeli (Distribusi)
Pendistribusian barang dapat dilakukan
langsung ke pembeli yang datang, barang yang diantar ke pembeli atau
menggunakan perantara (agen, pedagang besar, took-toko atau supermarket, dan
system waralaba)
3.
Hal yang diperlukan dalam memilih lokasi
usaha yang tepat
Memilih lokasi hendaknya memperhatikan
kemudahan dan kedekatan dengan pembeli.
4.
Hal yang diperlukan dalam menentukan harga
yang tepat.
Penetapan harga dilakukan dengan cara
menetapkan harga psikologis, harga paket, harga gengsi dan harga penuntun.
5.
Hal yang diperlukan dalam mencari bentuk
promosi yang murah dan memilih iklan yang tepat
Promosi yang dilakukan dapat berbentuk
hubungan masyarakat, publisitas promosi penjualan, hiasan took, dan iklan.
6.
Hal yang diperlukan dalam penjualan produk
Semua usaha apa pun dalam pemasaran harus
ada penutupan yaitu terjadinya penjualan.
Dalam bagian ini akan dijelaskan tips
penjualan untuk peritel maupun jasa pelayanan, termasuk teknik melalui telpon.
a. Penjualan untuk Peritel
Tahap pertama dalam melakukan penjualan
adalah upaya untuk bertemu dengan calon pembeli, maka kesan pertama
harus begitu menggoda dan memberikan kesan yang baik.
Tahap berikutnya adalah mencari
tahu keinginan pembeli, yaitu dengan pemberian saran, menunjukan
kualitas produk, dan memberikan pelayanan terbaik. Dan akhirnya kita harus
kenali tanda-tanda untuk menutup suatu penjualan yaitu pembeli memutuskan untuk
membeli dan menggunakannya.
b. Penjualan untuk Produk Jasa
Menciptakan hubungan personal yang baik,
sehingga pembeli merasa diterima dengan menyebutkan namanya.
c. Teknik Penjualan melalui Telepon
Jawab telpon dengan cepat dan tepat,
bicara dengan jelas dan langsung kepada pembeli, dengarkan baik-baik
apa yang dikatakan pembeli, konsentrasi dan jangan melakukan pekerjaan yang
lain sementara anda sedang berbicara melalui telpon. Kuasai produk dan yakinlah
bahwa pembeli yang sedang bicara mengetahui anda bicara dengan senang hati dan
tersenyum kepadanya.
d. Bila berhadapan langsung dengan pembeli, perhatikan:
· Pertanyaan: penjual harus lebih banyak bertanya
daripada member tahu.
· Checking: penjualan harus mengecek bahwa pembeli
mengerti dengan apa yang dikatakannya.
· Keuntungan: yaitu dengan menjelaskan kepuasan apa yang
dapat diberikan produk tersebut kepada konsumen, dan bukan tentang fisik produk
· Penutupan: jangan ikut memutuskan kecuali diminta oleh
pembeli
7.
Pemanfaatan kekuasaan
Pemanfaatan kekuasaan melalui pendekatan dengan
orang-orang yang menetukan kebijakan
Sumber:
http://akuntansi17elisabeth.blogspot.co.id/2012/07/bab-9-merancang-strategi-pemasaran.html
Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba Empat 2011, Jakarta (Universitas Mercu Buana)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar