Kamis, 23 Juni 2016

Memulai Usaha dengan Kreatif dan Inovasi

Secara umum, Pengertian Inovasi adalah melakukan proses pembaharuan/pemanfaatan/pengembangan dengan menciptakan hal baru yang berbeda dengan sebelumnya. Sedangkan Secara umum, Pengertian Kreatif adalah kemampuan mengembangkan/menciptakan ide dan cara baru yang berbeda dari sebelumnya. Jika dilihat pengertian keduanya sama saja, namun jika diamati terdapat perbedaan diantaranya. Berikut pembahasan mengenai inovasi dan kreatif.
1.       Ciri-Ciri Kreativitas - Terdapat beberapa ciri-ciri kreativitas antara lain sebagai berikut
·         Memiliki rasa ingin tahu yang luas dan mendalam
·         Memiliki daya imajinasi yang tinggi
·         Selalu memberikan gagasan atau usulan terhadap suatu masalah 
·         Melihat suatu masalah dalam berbagai sudut pandang
·         Orisinal dalam ungkapan gagasan dan dalam pemecahan masalah 
2.       Ciri-Ciri Inovasi - Terdapat 4 ciri-ciri inovasi antara lain sebagai berikut..
·         Memiliki ciri khusus
·         Memiliki unsur pembaharuan
·         Program inovasi melalui program yang terencana 
·         Memiliki tujuan

3.       Perbedaan Inovasi dan Kreatif
·         Kreativitas adalah naluri sejak lahir
·         inovasi dapat muncul ketika diasah dan dikembangkan terus menerus 
·         Kreativitas adalah proses timbulnya ide-ide baru, sedangkan inovasi adalah melakukan/mengimplementasikan ide yang terdapat dalam kreativitas. 
·         Inovasi menjadikan ide tersebut mendapat nilai komersil. 
4.       Persamaan Inovasi dan Kreatif
Persamaan inovasi dan kreatif adalah mengenai menciptakan ide-ide baru, gagasan baru, metode baru, cara baru dalam memecahkan masalah dan peluang yang berbeda dari sebelumnya.


Peranan Inovasi dan Kreativitas dalam Pengembangan Produk dan Jasa Inovasi memegang peranan penting dalam mengembangkan produk dan jasa dalam bisnis. Berbagai kesuksesan wirausaha di dunia disebabkan oleh kreativitas dalam mengembangkan produk. Persaingan yang ketat dalam berwirausaha mendorong wirausaha untuk memiliki kreativitas yang tinggi. Daya kreativitas tersebut harus dilandasi cara berpikir yang maju, gagasan-gagasan baru yang berbeda dibandingkan produk-produk yang telah ada. Berbagai gagasan-gagasan yang kreatif umumnya tidak dapat dibatasi oleh ruang, bentuk ataupun waktu dan memberikan terobosan-terobosan baru dalam dunia usaha yang pada awalnya kelihatan mustahil.
Saat ini berbagai hasil inovasi yang didasarkan kreativitas wirausaha menjadi produk dan jasa yang unggul. Wirausaha melalui proses kreatif dan inovatif menciptakan nilai tambah atas barang dan jasa yang kemudian menciptakan berbagai keunggulan termasuk keunggulan bersaing. Perusahaan seperti Microsoft, Sony, dan Toyota Motor, merupakan contoh perusahaan yang sukses dalam produknya karena memiliki kreativitas dan inovasi di bidang teknologi.
Sumber:
·         Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba Empat 2011, Jakarta (Universitas Mercu Buana)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar