Kamis, 23 Juni 2016

KIAT DASAR MENJADI SEORANG ENTERPRENEUR

Oleh : Junitadahra

Kewirausahaan
 (dalam bahasa InggrisEntrepreneurship) atau Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.

Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketiak pastian.Dalam bahasa Inggris wirausaha adalah enterpenuer, istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Richard Cantillon, seorang ekonom Prancis. Menurutnya, entrepreneur adalah “agent who buys means of production at certain prices in order to combine them”.

Konsep wirausaha secara lengkap dikemukakan oleh Josep Schumpeter, yaitu sebagai orang yang mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru. Orang tersebut melakukan kegiatannya melalui organisasi bisnis yang baru atau pun yang telah ada. Dalam definisi tersebut ditekankan bahwa wirausaha adalah orang yang melihat adanya peluang kemudian menciptakan sebuah organisasi untuk memanfaatkan peluang tersebut.

Dulu banyak sekali orang beranggapan bahwa kewirausahaan adalah bakat bawaan sejak lahir (entrepeneurship are born nat made) dan hanya diperoleh dari hasil praktek di tingkat lapangan dan tidak dapat dipelajari dan diajari, tetapi sekarang kewirausahaan merupakan suatu disiplin ilmu yang dapat dipelajari dan diajarkan. Dan sekarang pun kewirausahaan dianggap sebagai kegiatan yang bisa dicoba dilakukan oleh setiap orang, mengingat banyak sekali bentuk usaha yang memang mudah dilakukan dan tidak membutuhkan modal begitu besar sebagai pemula bisnis, contohnya saja yang sekarang banyak sekali digandrungi generasi sekarang yaitu, berjualan Online, menjadi reseller, dan bentuk usaha menengah lainnya.

Ilmu kewirausahaan adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan (ability) dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai resiko yang mungkin dihadapinya    (Suryana, 2001).

Sebagai pelaksana kegiatan usaha tentunya kita menginkan usaha yang kita jalani berkembang dan dikatakan sukses bukan? Maka dari itu kita sebagai pengusaha haruslah menerapkan Karakteristik Wirausaha yang meliputi : Komitmen tinggi, Percaya Diri, Optimis, Jujur, Disiplin, Kreatif, Inovatif, Mandiri, Bertanggung Jawab dan  Realitis.

Gunakanlah kesempatan yang ada dengan sebaik baiknya, karna hal yang diawali dengan cara yang baik akan membuahkan hasil yang baik juga.


Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar